Ustadz Fuad Hamzah Barabah

Masing-Masing Kita Adalah Pemimpin

Pendaftaran Grup Islam Sunnah (GiS)

Masing-Masing Kita Adalah Pemimpin

๐Ÿ“– Hadits kedelapan puluh dari buku 100 hadits tentang Wanita

Pemimpin itu bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. Dan tidak menyia-nyiakan orang-orang yang dia pimpin.

Adapun kepemimpinan seorang wanita, dengan memperhatikan suami dan anak-anaknya, mengatur rumah dan menjaga kerapihannya.

ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ๏ทบ ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู: ูƒูู„ู‘ููƒูู…ู’ ุฑุงุนู ูˆูƒูู„ู‘ููƒูู…ู’ ู…ูŽุณู’ุฆููˆู„ูŒ ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุนููŠู‘ูŽุชูู‡ูุŒ ุงู„ุฅู…ุงู…ู ุฑุงุนู ูˆู…ูŽุณู’ุฆููˆู„ูŒ ุนู† ุฑูŽุนููŠู‘ูŽุชูู‡ูุŒ ูˆุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ุฑุงุนู ููŠ ุฃู‡ู’ู„ูู‡ู ูˆู‡ูˆ ู…ูŽุณู’ุฆููˆู„ูŒ ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุนููŠู‘ูŽุชูู‡ูุŒ ูˆุงู„ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉู ุฑุงุนููŠูŽุฉูŒ ููŠ ุจูŽูŠู’ุชู ุฒูŽูˆู’ุฌูู‡ุง ูˆู…ูŽุณู’ุฆููˆู„ูŽุฉูŒ ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุนููŠู‘ูŽุชูู‡ุงุŒ ูˆุงู„ุฎุงุฏูู…ู ุฑุงุนู ููŠ ู…ุงู„ู ุณูŽูŠู‘ูุฏูู‡ู ูˆู…ูŽุณู’ุฆููˆู„ูŒ ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุนููŠู‘ูŽุชูู‡ู. ู‚ุงู„ูŽ: ูˆูŽุญูŽุณูุจู’ุชู ุฃู†ู’ ู‚ุฏู’ ู‚ุงู„ูŽ: ูˆุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ุฑุงุนู ููŠ ู…ุงู„ู ุฃุจููŠู‡ู ูˆู…ูŽุณู’ุฆููˆู„ูŒ ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุนููŠู‘ูŽุชูู‡ูุŒ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ูˆูƒูู„ู‘ููƒูู…ู’ ุฑุงุนู ูˆู…ูŽุณู’ุฆููˆู„ูŒ ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุนููŠู‘ูŽุชูู‡ู. ู…ูุชู‘ูŽููŽู‚ูŒ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู

Dari Ibnu Umar radhiallahu ”anhuma berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Ketahuilah, setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang orang yang dipimpinnya. Seorang Imam adalah pemimpin dan ia akan ditanya tentang rakyat yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin bagi keluarganya dan dia akan ditanya tentang anggota keluarganya. Seorang istri adalah pemimpin di rumah suaminya dan dia akan ditanya tentang mereka. Seorang pembantu adalah pemimpin pada harta tuannya dan dia akan ditanya tentang harta tersebut. Beliau melanjutkan: dan aku mengira beliau bersabda: Seorang anak laki-laki adalah pemimpin pada harta ayahnya, dan akan ditanya tentang harta tersebut. Allahumma, dan setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang orang yang dipimpinnya”. (Muttafaqun โ€˜alaih).

Hadits yang mulia ini menjelaskan kepada kita akan tanggung jawab masing-masing kita, yang kelak akan kita pertanggung jawabankan di hadapan Allah Ta’ala.

Allahu a’lam.

Ayo berbelanja di Merchandise GiS

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button