SBUMSBUM Ikhwan

N 078. HUKUM ISTRI BERBAKTI KEPADA MERTUA DAN KEWAJIBAN MENDIDIK ANAK

Ayo berbelanja di Merchandise GiS

HUKUM ISTRI BERBAKTI KEPADA MERTUA DAN KEWAJIBAN MENDIDIK ANAK

(Sobat Bertanya Ustadz Menjawab)  

Pertanyaan

Nama: Depi Griyadi Warfan

Angkatan : 01

Grup : 045

Domisili :

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

PERTANYAAN

  1. Bagaimana hukumnya istri berbakti kepada mertua (orang tua suami)? Apakah hukumnya mengurus mertua (orang tua suami) pahalanya sama dengan mengurus orang tua istri sendiri sedangkan orang tua istri sudah meninggal. Atau pahalanya sama dengan berbaktinya suami kepada orang tuanya sendiri?
  2. Bagaimana cara terbaik mendidik anak perempuan usia tamyiz yang sering mengulangi kesalahan yang sama?

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم.

 

Jawaban

وعليكم السلام ورحمة اللّه وبركاته

بسم الله

Berbakti kepada mertua berbeda dengan berbakti kepada orang tua sendiri. Kedua orang tua kita yang telah melahirkan kita sedangkan mertua tidak. Namun, dengan demikian kewajiban seorang istri harus taat kepada suaminya sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bertanya kepada seorang wanita:

أَذَاتُ زَوْجٍ أَنْتِ؟ قَالَتْ: نَعَمْ. قَالَ: كَيْفَ أَنْتِ لَهُ؟ قَالَتْ: مَا آلُوْهُ إِلاَّ مَا عَجَزْتُ عَنْهُ. قَالَ: فَانْظُرِيْ أينَ أَنْتِ مِنْهُ، فَإنَّمَا هُوَ جَنَّتُكِ

 وَنَارُكِ

“Apakah engkau sudah bersuami?” Bibi Al-Hushain menjawab, “Sudah.” “Bagaimana sikap engkau terhadap suamimu?” tanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam lagi. Ia menjawab, “Aku tidak pernah mengurangi haknya kecuali dalam perkara yang aku tidak mampu.” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Lihatlah di mana keberadaanmu dalam pergaulanmu dengan suamimu, karena suamimu adalah surga dan nerakamu.”

(HR. Ahmad 4: 341 dan selainnya. Hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib No. 1933)

Hal tersebut menunjukkan bahwa ketundukkan dan ketaatan kepada suami adalah suatu kewajiban yang harus dilaksanakan maka jika suami menyuruh untuk berbakti kepada orang tuanya maka wajib bagi seorang istri melaksanakannya.

 

Jawaban pertanyaan kedua:

Mendidik anak adalah menjadi tanggung jawab orang tua karena setiap orang tua akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Hal tersebut sebagaimana Nabi bersabda:

كُلُّكُمْ رَاعٍ فَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، فَالأَمِيرُ الَّذِي عَلَى النَّاسِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ، وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ

 عَنْهُمْ، وَالمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى بَيْتِ بَعْلِهَا وَوَلَدِهِ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ، وَالعَبْدُ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُ، أَلاَ فَكُلُّكُمْ رَاعٍ

وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه

“Setiap kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya. Amir (kepala negara), dia adalah pemimpin manusia secara umum, dan dia akan diminta pertanggungjawaban atas mereka. Seorang suami dalam keluarga adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas mereka. Seorang istri adalah pemimpin di dalam rumah tangga suaminya dan terhadap anak-anaknya, dan dia akan dimintai pertanggungjawaban atas mereka. Seorang hamba sahaya adalah pemimpin dalam urusan harta tuannya, dia akan dimintai pertanggungjawaban atasnya. Ketahuilah, bahwa setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas siapa yang dipimpinnya.”  (HR. Bukhari No. 2554 dan Muslim No. 1829).

Berdasarkan dalil tersebut maka orang tua wajib senantiasa mengingatkannya dan mendidiknya dengan benar serta jangan mudah putus asa dalam melakukan kebaikan tersebut dan diiringi dengan do’a.

والله تعالى أعلم

 

Dijawab oleh : Ustadz Abu Fathiyyah Abdus Syakur, S Ud, M.Pd.l.

 

Official Account Grup Islam Sunnah (GiS)⁣⁣

WebsiteGIS: grupislamsunnah.com 

Fanpage: facebook.com/grupislamsunnah 

Instagram: instagram.com/grupislamsunnah 

WebsiteGBS: grupbelanjasunnah.com 

Telegram: t.me/s/grupislamsunnah 

Telegram Soal Jawab: t.me/GiS_soaljawab 

YouTube: bit.ly/grupislamsunnah

Ayo berbelanja di Merchandise GiS

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button