SBUMSBUM Ikhwan

N 096. AJARAN TASAWWUF BUKAN DARI AGAMA ISLAM

Pendaftaran Grup Islam Sunnah (GiS)

AJARAN TASAWWUF BUKAN DARI AGAMA ISLAM

(Sobat Bertanya Ustadz Menjawab)

 

Pertanyaan

Nama : Darmawi Ardi Burhan

Angkatan : 01

Grup : 089

Domisili : –

Nama Admin : Didik Harsono

Nama Musyrif : Faris Abdunnasher

 

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Izin bertanya Ustadz.

Apakah Tasawwuf merupakan ajaran Islam? Dan apa hukumnya orang-orang yang mempelajari Tasawwuf?

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم.

 

Jawaban

وعليكم السلام ورحمة اللّه وبركاته

بسم اللهوالحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن اهتدى بهداه.

 

Kata “Sufi” berasal dari bahasa Yunani “Sufiya” yang artinya: Hikmah. Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa kata ini merupakan penisbatan kepada pakaian dari kain “Shuf” (kain wol) dan pendapat ini lebih sesuai karena pakaian wol di zaman dulu selalu diidentikkan dengan sifat zuhud, Ada juga yang mengatakan bahwa memakai pakaian wol dimaksudkan untuk bertasyabbuh (menyerupai) Nabi ‘Isa Al Masih ‘alaihi sallam (Lihat kitab kecil Haqiqat Ash Shufiyyah Fii Dhau’il Kitab was Sunnah hal. 13).

Syaikh Ihsan Ilahi Dhahir rahimahullah berkata dalam bukunya At Tasawwuf al Mansya’ wal Mashadir:

“Ketika kita memperhatikan dengan teliti tentang ajaran Sufi yang pertama dan terakhir (belakangan) serta pendapat-pendapat yang dinukil dan diakui oleh mereka di dalam kitab-kitab Sufi baik yang lama maupun yang baru, maka kita akan melihat dengan jelas perbedaan yang jauh antara Sufi dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Begitu juga kita tidak melihat adanya bibit-bibit Sufi di dalam perjalanan hidup Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para Shahabat Beliau yang mereka adalah (sebaik-baik) pilihan Allah dari kalangan makhluk-Nya (setelah para Nabi dan Rasul, ed), tetapi kita bisa melihat bahwa Sufi diambil dari percikan kependetaan Nasharani, Brahmana (Hindu) dan Yahudi serta kezuhudan agama Budha.” [hal 27].

Syaikh Abdurrahman al Wakil rahimahullah berkata di dalam kitabnya Mashra’ut Tasawwuf:

“Sesungguhnya Tasawwuf itu adalah tipuan/makar paling rendah/hina dan tercela. Syaitan telah membuatnya menipu para hamba Allah dan memerangi Allah Azza Wa Jalla dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Tasawwuf adalah (sebagai) topeng kaum Majusi agar ia terlihat sebagai seorang yang Rabbani bahkan juga topeng semua musuh agama ini (Islam). Bila diteliti ke dalam akan ditemui di dalamnya (ajaran Sufi itu) Brahmaisme, Budhisme, Zaratuisme, Platoisme, Yahudisme, Nashranisme, dan Paganisme.” [hal 19].

Dalam kesempatan ini kita telah membawakan pendapat-pendapat dari kitab-kitab sekarang tentang asalnya Sufi dan juga banyak yang tidak kita sebutkan yang semuanya saling berpendapat seperti ini. Jelaslah bahwa Sufi adalah ajaran (dari) luar yang menyusup ke dalam Islam. Hal ini tampak dari kebiasaan-kebiasaan yang dinisbatkan kepadanya (tashawwuf). Sufi adalah suatu ajaran yang aneh (asing) di dalam Islam dan jauh dari petunjuk Allah Azza wa Jalla.

والله تعالى أعلم

 

Dijawab oleh : Ustadz Abu Fathiyyah Abdus Syakur, S.Ud,. M.Pd.I

 

Official Account Grup Islam Sunnah (GiS)⁣⁣

WebsiteGIS: grupislamsunnah.com

Fanpage: web.facebook.com/grupislamsunnah

Instagram: instagram.com/grupislamsunnah

WebsiteGBS: grupbelanjasunnah.com

Telegram: t.me/s/grupislamsunnah

Telegram Soal Jawab: t.me/GiS_soaljawab

YouTube: bit.ly/grupislamsunnah

Ayo berbelanja di Merchandise GiS

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button