SBUM Akhwat

SBUM AKHWAT NOMOR 397 – PERTANYAAN PEKERJAAN DAN PENGHASILAN KETIKA TA’ARUF

SBUM
Sobat Bertanya Ustadz Menjawab

 

NO : 397

Dirangkum oleh Grup Islam Sunnah | GiS
https://grupislamsunnah.com

Kumpulan Soal Jawab SBUM
Silakan Klik : https://t.me/GiS_soaljawab

Judul bahasan

PERTANYAAN PEKERJAAN DAN PENGHASILAN KETIKA TA’ARUF

๐Ÿ’ฌ Pertanyaan
Nama : Yuni
Angkatan : 02
Grup : 04
Domisili : Jakarta

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…

ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

Semoga Ustadz beserta keluarga senantiasa dalam lindungan dan limpahan rahmat Allah Subhaanahu Wa Taโ€™ala. Aamiin.

Afwan Ustadz izin bertanya, harus atau bolehkah seorang perempuan yang berta’aruf dengan laki-laki menanyakan jumlah penghasilan per bulan sebagai bahan pertimbangan?

Jika boleh sampai batas mana mengetahuinya??

ุฌุฒุงูƒู… ุงู„ู„ู‡ ุฎูŠุฑุง ูˆุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ููŠูƒู….

ย  Jawaban

ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‘ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡

Baarakallahu fiiki

Wash-shalaatu was-salaamu โ€˜alaa Rasulillaah. Amma baโ€™du.

Tidak mengapa dalam ta’aruf bertanya tentang pekerjaan dan pendapatan calon suami, karena di antara syarat _”mampu”_ bagi laki-laki adalah mampu secara finansial.

Ibnu Masโ€™ud radhiyallahu ‘anhu berkata:

ูƒูู†ูŽู‘ุง ู…ูŽุนูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุดูŽุจูŽุงุจู‹ุง ู„ูŽุง ู†ูŽุฌูุฏู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู†ูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ : ( ูŠูŽุง ู…ูŽุนู’ุดูŽุฑูŽ ุงู„ุดูŽู‘ุจูŽุงุจู ู…ูŽู†ู’ ุงุณู’ุชูŽุทูŽุงุนูŽ ู…ู†ูƒูู… ุงู„ู’ุจูŽุงุกูŽุฉูŽ ููŽู„ู’ูŠูŽุชูŽุฒูŽูˆูŽู‘ุฌู’ ุŒ ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽุบูŽุถูู‘ ู„ูู„ู’ุจูŽุตูŽุฑู ุŒ ูˆูŽุฃูŽุญู’ุตูŽู†ู ู„ูู„ู’ููŽุฑู’ุฌู ุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽุทูุนู’ ููŽุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุจูุงู„ุตูŽู‘ูˆู’ู…ู ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽู‡ู ูˆูุฌูŽุงุกูŒ ) .

“Kami para pemuda bersama Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam tidak mempunyai harta apapun maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam mengatakan kepada kami,

โ€œWahai para pemuda siapa di antara kalian yang mampu pembiayaan maka menikahlah. Karena ia dapat menahan pandangan dan menjaga kemaluan dan barang siapa yang belum mampu, hendaknya dia berpuasa karena itu menjadi tameng baginyaโ€.

Para ulama Lajnah mengatakan,
โ€œBersegera menikah bagi para pemuda itu sesuai Sunnah bagi yang mampu pembiayaan pernikahan. Serta menunaikan hak-hak pernikahan”.
[Dinukil dari โ€œFatawa Lajnah Daimahโ€, (6/18). Silakan merujuk jawaban soal No. 9262.]

Jika dia belum punya mata pencarian atau belum bekerja, maka bagaimana dia bisa menunaikan kewajiban sebagai kepala keluarga??

Hidup berkeluarga bukan hanya menafkahi istri satu atau dua hari saja. Namun juga bertanggung jawab atas kesehatan keluarga dan kebutuhan lainnya yang masih banyak sekali.

MASALAH NAFKAH

Dalam ayat An-Nisa ayat 12, Allah Ta’ala membedakan antara harta suami dan harta istri. Sehingga ketika meninggal, ada yang untuk keluarganya. Si suami baru berhak menguasai harta istrinya sebagai warisan setelah istrinya meninggal. Itu pun dalam jumlah tertentu yang ditetapkan syari’at.

Demikian pula istri. Dia berhak mendapat bagian warisan dari harta suaminya dengan jumlah tertentu yang ditetapkan syari’at.

Adanya saling ketergantungan antara suami dan istri menunjukkan bahwa apa yang dimiliki suami tidak otomatis menjadi milik istri dan sebaliknya.

Istri punya hak untuk mendapatkan nafkah dari suami. Nafkah dengan nilai yang layak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun suami tidak berkewajiban memberi lebih dari nafkah.

Allah berfirman,

“Lelaki itu menjadi pemimpin bagi para istrinya, karena Allah memberikan kelebihan bagi mereka dan karena mereka memberikan nafkah kepada istrinya dari mereka”.
(QS. An-Nisa: 34).

ูˆุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุฃุนู„ู…

ย Dijawab oleh : Ustadz Wukir Saputro, Lc.

Official Account Grup Islam Sunnah (GiS)โฃโฃ

WebsiteGIS: https://grupislamsunnah.com
Fanpage: web.facebook.com/grupislamsunnah
Instagram: instagram.com/grupislamsunnah
WebsiteGBS: grupbelanjasunnah.com
Telegram: t.me/s/grupislamsunnah
Telegram Soal Jawab: https://t.me/GiS_soaljawab
YouTube: bit.ly/grupislamsunnah

Ayo berbelanja di Merchandise GiS

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button