SBUMSBUM Akhwat

T 146. ORANG TUA MENGINGINKAN ANAK BEKERJA DARI PADA MENJADI IBU RUMAH TANGGA

Ayo berbelanja di Merchandise GiS

ORANG TUA MENGINGINKAN ANAK BEKERJA DARI PADA MENJADI IBU RUMAH TANGGA

(Sobat Bertanya Ustadz Menjawab)

 

Pertanyaan

Nama       : Fitri Nur Irianti

Angkatan : 01

Grup        : 050

Domisili  : –

 

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Afwan, izin bertanya.

Kalau orang tua sudah membiayai kuliah mahal-mahal seperti kebidanan, tapi si anak lebih memilih menjadi IRT (Ibu Rumah Tangga) dan merawat anak dan suami, namun orang tua mengharapkan si anak bekerja menjadi bidan. Suami membebaskan mau bekerja atau merawat anak. Apakah si anak berdosa karena memilih menjadi IRT? Apakah harta yang dikeluarkan orang tua menjadi mubadzir karena pada hakikatnya hanya dipakai oleh pribadi si anak?

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم

 

Jawaban

وعليكم السلام ورحمة اللّه وبركاته

بسم الله

Wasshalaatu wassalaamu ‘ala rasuulillaah amma ba’du. Untuk ukhty Fitri tentang perkara tersebut. Menjadi ibu yang baik untuk anaknya adalah sebuah kewajiban ketika anti sudah menikah yang nanti akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah di akhirat kelak.

Di dalam Ash-Shahihain dari Abdullah bin Umar Rasulullah Shallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

“Kalian semua adalah pemimpin dan kalian semua akan diminta pertanggungjawaban, seorang imam adalah pemimpin dan ia nanti akan diminta pertanggungjawaban, seorang laki-laki adalah pemimpin atas keluarganya dan ia nanti akan diminta pertanggungjawabannya, seorang wanita adala pemimpin di rumah suaminya dan ia nanti akan diminta pertanggungjawabannya”.

Dari keterangan di atas nampak jelas bahwa setiap insan yang ada hubungan keluarga dan kerabat hendaknya saling bekerja sama, saling menasihati, dan turut mendidik keluarga. Yang paling utama adalah orang tua kepada anak, karena anak sangat membutuhkan bimbingan kedua orang tuanya. Orang tua hendaknya memelihara fitrah anak agar tidak terkena noda syirik dan dosa-dosa lainnya. Ini adalah tanggung jawab yang besar dan kita akan diminta pertanggungjawaban atasnya.

Adapun untuk jawaban pertanyaan kedua mubadzir atau tidak yaitu tidak mubadzir Insyaa Allaah ilmu kebidanan yang anti dapatkan dan di kuliah oleh orang tua anti akan bermanfaat buat anti dan keluarga, harta yang dikeluarkan oleh mereka akan bermanfaat dan menjadi amal jariyah buat mereka jika diamalkan kepada orang lain dan keluarga.

Mubadzir yang dosa dan dilarang adalah kita menghambur-hamburkan harta untuk hal yang sia-sia dan tidak bermanfaat.

Insyaallah walaupun anti lebih memilih untuk jadi ibu rumah tangga dari pada bidan, ilmu kebidanan anti akan bermanfaat buat anti dan keluarga.

والله تعالى أعلم

 

Dijawab oleh : Ustadz Ahmad Toyi Syafi’i.

Diperiksa oleh : Ustadz Yudi Kurnia, Lc.

 

Official Account Grup Islam Sunnah (GiS)⁣⁣

WebsiteGIS: grupislamsunnah.com

Fanpage: web.facebook.com/grupislamsunnah

Instagram: instagram.com/grupislamsunnah

WebsiteGBS: grupbelanjasunnah.com

Telegram: t.me/s/grupislamsunnah

Telegram Soal Jawab: t.me/GiS_soaljawab

YouTube: bit.ly/grupislamsunnah

Ayo berbelanja di Merchandise GiS

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button